English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

3 Februari 2012

Esemka Akan Jadi Kado Hari Jadi Kostrad

Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad) berencana meremajakan kendaraan dinas yang digunakan. Mereka berminat membeli mobil Esemka dan membagikannya dalam ulang tahun Kostrad pada Maret mendatang.
“Untuk sementara kami ingin memesan 20 unit mobil Esemka,” kata Panglima Kostrad Letjen AY Nasution saat ditemui di Solo Technopark, Rabu 1 Februari 2012. Menurut dia penggunaan kendaraan produksi dalam negeri itu merupakan wujud kecintaan pada Tanah Air.
Rencananya, mobil tersebut akan dibagikan kepada sejumlah satuan di bawah Kostrad pada 6 Maret mendatang. “Saat upacara hari jadi Kostrad,” kata Nasution. Selanjutnya mereka akan melakukan pemesanan secara bertahap untuk mengganti kendaraan dinas yang sudah tidak layak.
Nasution menuturkan selama ini kendaraan dinas yang digunakan terdiri dari beberapa merek. Beberapa di antaranya sudah berusia cukup tua, lebih dari 30 tahun. “Akan lebih baik jika kendaraan itu diseragamkan,” kata Nasution.
Hanya, Nasution meminta agar produsen Esemka mengubah tampilan mobilnya untuk disesuaikan dengan pemakaian militer. Dia memesan agar cat yang semula tersedia dengan warna hitam diubah menjadi hijau. “Selain itu bemper juga perlu diubah agar terkesan gagah,” katanya menjelaskan.
Sayangnya produsen Esemka sendiri belum bisa menjanjikan kapan pesanan tersebut dapat terpenuhi. Sebab, hingga saat ini mereka belum mengantongi izin kelaikan jalan. “Rencananya Februari ini kami akan ke Jakarta untuk melakukan uji kelaikan,” kata Direktur Pengembangan dan Layanan Solo Technopark, Gampang Sarwono.
Dia berjanji akan berusaha memenuhi pesanan dari Kostrad begitu izin itu sudah dipegang. Pihaknya akan memberikan prioritas bagi lembaga militer tersebut meski saat ini sudah ada lebih dari 5.000 orang yang memesan Esemka. “Sebab pesanan ini untuk kepentingan bangsa dan negara,” kata Gampang.
Dia menyebutkan pihaknya sanggup mengubah tampilan seperti yang dipesan oleh Kostrad. Pihaknya hanya perlu membuat beberapa cetakan bodi yang baru. “Hanya modifikasi kecil,” kata Gampang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar