English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

3 Februari 2012

Cara-Cara Agar Tak Pikun

KAPASITAS otak bisa menurun? Yup benar sekali. Sehingga Anda pun mudah lupa.

Tapi Anda tak perlu khawatir. Ada sejumlah cara sederhana untuk mempertahankan daya ingat otak, sebagai berikut:

1. Hindari terjebak rutinitas
Lakukan sejumlah hal sederhana seperti sikat gigi dengan tangan kiri Anda (jika Anda bukan seorang kidal), joging mundur, dan mengejar hal lain yang memaksa Anda untuk menyimpang dari pola harian Anda.

"Dengan demikian, Anda akan merangsang bagian baru dari otak Anda, mendorong untuk membuat koneksi baru," kata Dr Amen, konsultan kesehatan majalah dan situs Men's Health.

2. Beri nutrisi otak
Otak tersusun atas 80 persen air, dan jika tidak terhidrasi, neuron Anda tidak dapat melakukan dengan baik. Minum delapan gelas air sehari dan hindari alkohol yang berlebihan dan kafein.

3. Istirahatkan mata tujuh jam sehari

"Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa orang yang tidur selama tujuh jam menunjukkan aktivitas otak secara signifikan lebih banyak daripada mereka yang tidak," kata Dr Amen.

Kurang tidur menghambat belajar, konsentrasi, dan memori. Akibatnya gampang lupa.

4. Tenangkan otak

Caranya dengan menarik napas perlahan sehingga perut Anda (bukan dada) naik, dan kemudian ucapkan satu kata sembari mengembuskan napas. Ulangi selama 10 menit. Cara ini diyakini membuat otak lebih tenang.

5. Batasi menonton TV

Tahukah Anda, pria yang menonton TV selama lebih dari dua jam sehari memiliki risiko lebih tinggi terkena Alzheimer dibanding mereka yang menonton sedikit.

6. Menarilah
"Sejumlah kegiatan merangsang berbagai sistem otak, tapi kemampuannya tak sehebat menari," kata Dr Amen.

Menari  membutuhkan segala sesuatu dari koordinasi dan organisasi otak untuk perencanaan dan penilaian. Nah, silakan mulai belajar menari.

7. Membaca
"Membaca adalah baik untuk otak Anda hanya jika melibatkan aktivitas menyimpan dan mengambil informasi," kata Dr Amen.
"Itu sebabnya kelompok membaca sangat bermanfaat. Aspek sosial dari kelompok buku menambah satu lagi dinamis fungsi kognitif."

8. Lawan rasa sakit
Pria yang mengonsumsi obat penghilang rasa sakit berbahan dasar ibuprofen disinyalir 44 persen lebih rendah dalam mengembangkan Alzheimer daripada mereka yang tidak, menurut sebuah studi baru-baru ini.

"Juga berhati-hatilah dengan acetaminophen. Ini mengganggu fungsi hati, mengurangi produksi tubuh dari antioksidan glutathione, yang penting untuk fungsi otak," kata dokter Amen.

9. Bunuh pikiran negatif
"Pikiran negatif bertanggung jawab untuk kegelisahan," kata Dr Amen.

Pikiran negatif juga meningkatkan produksi hormon stres yang membunuh sel-sel otak. Setiap kali pikiran negatif memasuki pikiran Anda, tuliskanlah dan susun rencana untuk memperbaikinya.

10. Bercintalah

Pria yang bercinta setidaknya dua kali seminggu adalah 50 persen lebih rendah untuk mengalami serangan jantung daripada mereka yang berhubungan seks lebih jarang, kata para ilmuwan. Hal ini penting karena semakin banyak bukti mendukung fakta sederhana: Apa yang baik untuk jantung, baik pula untuk otak.

"Seks juga melepaskan zat kimia 'merasa-baik' yang melawan stres," kata Dr Amen.

Nah, tidak terlalu sulit untuk dicoba kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar